Selamat Datang

Selamat Datang........di Blog MTsN Giriloyo, yang adem...ayem...

Kamis, 23 Juni 2011

Guru MTsN Giriloyo Juara

Guru MTsN Giriloyo
Pemenang I LKIG Ke-18 Bidang MIPATEK
LIPI-AJB BUMIPUTERA



Lomba Kreativitas Ilmiah Guru ke-18, merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh LIPI dengan sponsor utama AJB-Bumiputera. AJB-Bumiputera selalu menjadi sponsor acara ini, karena ternyata pendiri AJB-Bumiputera ini adalah 3 orang guru yang didirikan pada tahun 1912.
Pada tahun ini sebanyak 18 guru keluar sebagai pemenang Lomba Kreativitas Ilmiah Guru atau LKIG ke-18 yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Para pemenang tersebut merupakan hasil seleksi 25 final yang dilaksanakan di Depok, Senin (2/8/2010).
Deddy Setiapermana, Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan IPTEK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BKPI-LIPI) menyatakan, jumlah guru yang menjadi peserta LKIG tahun ini mencapai 348 orang. “Tingkat SD sebanyak 66 orang, SMP bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) sejumlah 54 orang, SMP bidang Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi (Mipatek) sejumlah 69 orang, SMA IPSK sebanyak 58 orang, dan SMA Mipatek 101 orang.
Tahun ini perwakilan guru dari Yogyakarta yang masuk finalis LKIG Ke-18 Kerjasama antara LIPI dan  AJB-BUMIPUTERA ada 3 yaitu Sri Haryani Wahyu Lestari, M.Pd dari SDN Depok 1, Joko Sulistyo, M.Pd dari SMP 2 Bambanglipuro, Bantul mewakili bidang IPSK, dan Puji Lestari, S.Pd dari MTsN Giriloyo, Bantul mewakili Bidang MIPATEK.
Setelah melalui presentasi di depan  dewan yuri dari LIPI, dan UNJ pada tanggal 2 Agustus, maka pada malam penutupan tanggal 4 Agustus dipilihlah 3 pemenang dari masing-masing bidang bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Depok.  Adapun  finalis dari DIY yang menjadi pemenang yaitu Sri Handayani Wahyu Lestari, M.Pd (SDN Depok 1/Sleman, Yogyakarta), adalah pemenang I Tingkat Guru SD. Sedangkan Puji Lestari, S.Pd dari MTsN Giriloyo sebagai Pemenang I Tingkat Guru SMP Bidang MIPATEK. Yang menarik adalah ia menjadi satu-satunya finalis yang berasal dari Madrasah.  Adapun penelitiannya berjudul ”Bunga Waru sebagai Media Praktikum Asam Basa untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa”. Bunga Waru disini dibuat dalam bentuk ”Kertas Bunga Waru atau Kain Bunga Waru” dan ”Koktail Bunga Waru”, sehingga lebih menarik bagi siswa dalam pembelajaran. Tahun sebelumnya1 guru MTsN Giriloyo ini juga menjadi Pemenang Kedua dalam Lomba Kreasi dan Inovasi Media Pembelajaran Tingkat Nasional yang diadakan oleh Depdiknas.
          Dengan demikian Yogyakarta terdapat 3 finalis, 2 diantaranya menjadi pemenang I. Para finalis memperoleh piagam penghargaan dari LIPI, Piagam penghargaan dari AJB-BUMIPUTERA, tropi dari LIPI, souvenir serta uang pembinaan yang cukup menggiurkan.

Tidak ada komentar: